Valentino Rossi Bangun Lintasan Pribadi Motor Ranch

Linktaruhanbola.com – Pembalap Monster Energy Yamaha, Valentino Rossi, memiliki lintasan pribadi yang diberi nama Motor Ranch. Trek tanah tersebut biasanya digunakan Rossi berlatih bersama para anggota VR46 Riders Academy.

Dalam video yang dirilis via YouTube tersebut, Rossi menjelaskan alasan mengapa dirinya memutuskan membangun fasilitas tersebut, yang terletak di Tavullia, Italia, tak jauh dari tempat tinggalnya.

“Pertama, latihan di sirkuit aspal sulit untuk diatur, karena kadang saya pergi ke Misano atau Mugello, tetapi Anda tahu kami tak bisa latihan di sana setiap pekan. Jadi inilah alasan kami membangun Motor Ranch,” ungkap The Doctor.

“Kami membangun sirkuit oval, dan ada satu trek oval lagi di dalamnya. Jadi, Anda bisa punya tikungan kiri dan kanan. Kami membangun desain trek sisanya dengan tipe sirkuit TT. Ada tikungan cepat, ada tikungan hairpin… Layout-nya sangat menyenangkan,” lanjut Valentino Rossi.

Sembilan kali juara dunia ini juga mengaku, Motor Ranch bisa membantu ia dan VR46 Riders Academy tetap berlatih dengan baik ketika musim balap tengah libur. Selama beberapa tahun terakhir, trek tersebut bahkan bisa digunakan pada malam hari.

“Konsep yang melatarbelakangi The Ranch adalah kami ingin membangun trek yang bisa kami pakai untuk latihan, terutama pada musim dingin. Kami ingin trek yang bisa mengasah kemampuan kami mengendalikan motor ketika motornya selip,” ungkap Valentino Rossi.

Valentino Rossi Bangun Lintasan Pribadi Motor Ranch
Valentino Rossi Bangun Lintasan Pribadi Motor Ranch

Marc Marquez Sempat Jajal Motor Ranch

Trek ini juga tak jarang digunakan para pembalap di luar lingkup VR46, karena Valentino Rossi suka mengundang rider-rider MotoGP, Moto2, Moto3, bahkan WorldSBK untuk ikut berlatih. Marc Marquez bahkan sempat diundang untuk berlatih di sana pada 2014 lalu.

Menurut Valentino Rossi, flat track pribadinya ini memang didesain khusus demi meningkatkan skill di atas motor dalam kondisi yang tak baik di trek aspal, misalnya saat kondisi hujan, yakni ketika gripnya sangat rendah.

“Ketika berkendara di lintasan tanah, Anda punya grip yang sangat rendah. Jadi Anda harus bergerak di atas motor demi meningkatkan traksi. Metode latihan macam ini sangat penting untuk meningkatkan kemampuan Anda di sirkuit aspal,” ungkapnya.

Sumber : YouTube Monster Energy
Disadur dari: Bola.net (Penulis: Anindhya Danartikanya/Published: 18/04/2020)
Sumber : bola.com
Editor : Rizki Hidayat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *